Hal Pertama yang Harus Dilakukan Setelah Membuat Blog/Website

hal pertama yang harus dilakukan dalam membuat website
Ilustrasi Website
Sudah punya blog ? atau pernah membuat blog ?

Banyak orang yang memandang jika mereka sudah membuat blog kemudian mengisi konten-konten didalamnya maka semua urusan selesai. Tinggal men-share ide-ide kalian ke Sosialmedia.
Namun, ada hal yang dilupakan oleh para pembuat blog/website pemula, ya… Mendaftarkan Blog/Website anda ke Search Engine.!


Search Engine di Indonesia dikenal sebagai Mesin Pencari. Contohnya seperti Google.com mesin pencari terpopuler di Seluruh Dunia, Yahoo.com mesin pencari yang sedang turun pamor, Bing.com mesin pencari milik Microsoft, maupun baidu.com mesin pencari paling popular di China.

Oke, Subhan ajarkan cara untuk Submit ke mesin pencari terkenal di Dunia Google.com.

Hal pertama yang harus teman-teman persiapkan tentunya alamat yang akan teman-teman daftarkan ke Google.com dan Akun email Gmail.com, karena kita akan menggunakan peralatan Webmaster Tools kepunyaan Google, jadi kita diminta untuk masuk/log in dengan akun Gmail. Jika ini sudah tersedia maka kita lanjut ke tahap berikutnya.

Langkah kedua, buka alamat ini https://www.google.com/webmasters/tools/submit-url. Jika sukses akan muncul tampilan seperti dibawah ini. 



Tahap berikutnya tentu, ketik atau copy paste alamat blog / website teman-teman di Form URL. Pada tutorial ini Subhan contohkan akan mendaftarkan alamat blog sendiri : http://ashermawan.blogspot.com/. Jangan lupa tuliskan juga kode konfirmasi yang tertera dihalaman itu. Kode Captca berbeda setiap kali kita akan Submit URL. Kode ini digunakan untuk mengkonfirmasi jika kita manusia, bukan mesin.



Langkah terakhir tentu saja tekan Submit Request. Jika sukses akan muncul halaman dengan notifikasi "Your Request has been received and will be processed shortly."




Loh Mas Subhan, jika kita tidak mendaftarkan alamat website maupun blog kita, tetep bisa ada di Search Engine Google kan ?


Iya tetap akan ada, itu karena tim Google akan berusaha mencari alamat-alamat baru
yang belum terdaftar pada mesin pencarinya. Hal ini membutuhkan waktu, apalagi mencari
URL baru di Seluruh Dunia. Bukan hanya di Indonesia.

Memang keuntungan URL kita didaftarkan ke Google dengan tidak apa mas ?


Tentu URL kalian bisa dengan cepat berada didatabase mesin pencari Google. Tim Google akan
memproses URL kalian maksimal 1x24 Jam. Jika URL teman-teman tidak didaftarkan, tentu bisa lebih dari 1 hari alamat web/blog teman-teman berada di Mesin Pencari Google.

URL yang didaftarkan hanya alamat domain atau bisa alamat halaman/posting di blog kita ?


Pada dasarnya, setiap kita membuat postingan blog maka akan ada alamat URL baru yang lahir,
alamat baru ini juga belum terdaftar di Google, maupun mesin pencari manapun.
Alangkah baiknya, jika kita selesai memposting sesuatu kita juga mendaftarkan URL halaman postingan yang baru ke Tools milik Google maupun Search Engine manapun. Supaya 
halaman baru yang kita miliki dapat dengan cepat tampil di Search Engine.
Yang untuk siapa ? Kita lah. :)

Oke teman-teman, sedikit ilmu yang saya share. Semoga bisa bermanfaat.
Share on Google Plus

About Agus S. Hermawan

Agus S. Hermawan menempuh pendidikan Sistem Komputer di Universitas Diponegoro. Saat ini beliau bekerja di Divisi Human Resources Kantor Pusat AirNav Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar