PENDOBRAK KEPERCAYAAN


Kami percaya bahwa tidak ada Kepala Divisi Administrasi SDM dan Hubungan Industrial yang menjabat lebih dari dua tahun.”

Agus S. Hermawan


Gambar Tri Basuki
Kadiv Administrasi SDM dan
Hubungan Industrial 2018-2020
Kepercayaan merupakan rasa berserah diri manusia terhadap sesuatu hal atau  variabel tertentu yang merubah penekanan karakteristik individu seperti perasaan, emosi dan nilai yang diikuti.

Seperti manusia yang percaya bahwa Bumi itu bulat, maka akan memandang jika kita dititik A, asal kita berjalan lurus dan mengelilingi Bumi, kita bisa sampai lagi dititik tersebut. Ada pula yang memandang Bumi itu datar, tentunya cara pandang mereka berbeda dari pada kebanyakan manusia lainnya.

Begitu pula pada Karyawan di Divisi kami, kami percaya bahwa tidak ada Kepala Divisi Administrasi SDM dan Hubungan Industrial yang menjabat lebih dari dua tahun. Hal ini bukan tanpa alasan, berkali-kali di Divisi ini kami berganti-ganti pucuk kepemimpinan.

Mulai dari Pak Alex yang menjabat secara definitif tahun 2016, pada tahun ini juga berselang 6 bulan beliau dimutasi ke jabatan baru. Bergantilah estafet kepemimpinan kami ke Pak Suwandi. Era ini bisa dibilang, era paling militan bagi Divisi kami, karena setiap waktu performa kami dituntut untuk bekerja cepat dan tepat. Namun era ini hanya bertahan selama 7 bulan, kami pun melewati masa transisi ke Kepemimpinan seniman Pak Maskon, dengan segala gerakan selow, sungguh selow, sangat selow, dan tetap selow, kami bisa melewati masa perubahan organisasi tata kelola (OTK) perusahaan pada bulan November 2017 dengan cukup heroik. Bagaimana tidak, pada saat itu Tim Pencetak SK mencetak lebih dari dua puluh ribu lembar keputusan direksi, baik yang revisi maupun keputusan direksi yang sesuai dengan perubahan organisasi, untuk melakukan hal ini seringkali Tim Pencetak SK pergi pagi – pulang pagi. Kepemimpinan Pak Maskon berjalan lumayan lama, sembilan bulan. Setelah itu terbitlah terang, kepemimpinan Divisi beralih ke Pak Tri Basuki.

Pada saat pertama kali Pak Tri Basuki menjabat, kami para staf melontarkan pertanyaan yang tentunya tidak bisa dijawab oleh satupun dari kami, “Sampai kapan Kepala Divisi baru ini menjabat ?”

Sambil menunggu waktu menjawab pertanyaan kami, tak terasa sangat banyak moment spesial yang kami lewati bersama Pak Tri.

Pak Tri dengan legowo menerima peran baru sebagai “tameng” dalam menjaga Direktorat SDM dan Umum dari “serangan” organisasi Karyawan yang berusaha merubah keseimbangan di Perusahaan.

Hubungan harmonis tetap terjaga, namun kepentingan Perusahaan juga harus berjalan sesuai arah yang sudah diputuskan. Saya menyakini, jalan yang Divisi kami tempuh membawa perbaikan bagi AirNav Indonesia.

Sebut saja, dibawah kepemimpinan Pak Rahadi dan Pak Tri, keberhasilan pengelolaan SDM yang sudah dilaksanakan oleh Direktorat SDM dan Umum berhasil menyabet penghargaan HR Transformation dan HR Performance Management pada ajang HR Excellent Award 2019.

Ada juga moment berharga yang tak pernah terlupa, saat Divisi kami melewati serangkaian acara Perundingan Kerja Bersama (PKB) periode 2020-2022. Perundingan ini bertujuan menemukan titik kesepakatan bersama bagi kemajuan Perusahaan dan kesejahteraan Karyawan. Awalnya acara ini dalam konsep, hanya ada dua kali perundingan, tetapi manusia hanya bisa merencanakan, dan waktu yang menjawab bahwa perundingan ini perlu melewati serangkaian acara tambahan lagi, yaitu Pra Finalisasi PKB, Finaliasi PKB, Penyempurnaan Naskah I, Penyempurnaan Naskah II, dan Penandatanganan PKB.

#TriBasuki #AirnavIndonesia

Saat berjalannya Perundingan, Pak Tri terlihat lebih memerankan seorang guru yang menjelaskan kepada adik-adik angkatannya. Cara menjelaskan yang lembut, berisi dan kami yang mendengar seakan mendapatkan ilmu baru dan pemahaman baru tentang ke-SDM-an. Tapi perundingan tidak asyik jika tanpa bantahan atau sanggahan. Peran guru yang menjebatani dua kepentingan ini yang saya lihat berhasil Pak Tri lakukan. Hingga kita semua berhasil menyepakati Perjanjian Kerja Bersama (PKB) periode 2020-2022.

Memasuki bulan Juni 2020, jawaban atas pertanyaan yang pernah kami lontarkan terjawab sudah. Pak Tri Basuki berhasil menerbangkan Divisi Administrasi SDM dan Hubungan Industrial hingga moment landing pada tanggal 01 Juli 2020.

Kepercayaan kami pun kini sudah tidak relevan lagi, karena Pak Tri Basuki berhasil mendobrak lebih dari dua tahun menjaga Divisi ini tetap berdiri dan menjadi call center dalam pengelolaan SDM.

Pepatah bilang, ada dua jalur dalam hidup. Salah satunya adalah percaya bahwa tak ada keajaiban. Yang lainnya adalah percaya bahwa semuanya adalah keajaiban. Kami mengenang kembali dua tahun tiga bulan yang Kami habiskan bersama Pak Tri di Divisi PA ini. Sekarang kami tahu bahwa setiap saat adalah kejaiban.

―※※※―

 


Share on Google Plus

About Agus S. Hermawan

Agus S. Hermawan menempuh pendidikan Sistem Komputer di Universitas Diponegoro. Saat ini beliau bekerja di Divisi Human Resources Kantor Pusat AirNav Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar