TIDAK MENELAN MENTAH-MENTAH

Dalam buku 99 Hari Melesatkan Karir, Imelda Saputra menceritakan sebuah pengalam menarik tentang Peter Ilyich Tchaikovsky. Peter Ilyich adalah seorang musisi terkenal yang hidup di era 1800-an. Ketika opera pertamanya digelar pada tahun 1879, ia meminta pendapat dari dua orang istimewa mengenai karyanya. Pada masa itu, musisi Rusia, Rubinstein bersaudara - Anton dan Nikolai adalah orang yang sangat disegani di dunia musik. Kedua orang ini adalah Komponis andal, serta selalu dimintai nasihat dalam setiap pertunjukam musikal di seantero Negeri. Setelah melihat karya Peter, Nikolai menyukainya sedangkan Anton memberikan tanggapan sebaliknya.
peter ilyich tchaikovsky, rusia, peter, ilyich, tchaikovsky
Peter Ilyich Tchaikovsky/ Google Image

Mulanya Tchaikovsky sempat kecewa dan merasa dirinya tidak berbakat, namun beruntung ia tetap bertahan dalam dunia musik. Namun sejarah berkata lain, penilaian sejarah berpihak pada Nikolai, karena karya Peter Ilyich Tchaikovsky, Eugene Onegin menjadi opera yang sangat sukses di sepanjang sejarah. Bukan cuma itu, karya-karya peter yang lainnya pun mendapat sambutan, sanjungan yang hangat dari masyarakat luas. Sementara karya-karya Rubinstein bersaudara pada umumnya hampir terlupakan.


Setiap masukan tentu ada maksud dan tujuan ketika diutarakan, berhati-hatilah terhadap masukan, bahkan dari seorang ahli sekalipun. Saya pribadi tidak mengatakan bahwa kita tidak perlu mendengar orang yang berlainan pendapat dengan kita, meremehkan nasihatnya, tidak. Namun perkataan dari siapapun perlu disaring, masih perlu ditimbang masak-masak, sebab menelan mentah-mentah bisa mendatangkan kerugian nantinya. 

Setiap masukan tentu baik, namun perlu kita saring dan kita tela'ah lebih seksama.
Share on Google Plus

About Agus S. Hermawan

Agus S. Hermawan menempuh pendidikan Sistem Komputer di Universitas Diponegoro. Saat ini beliau bekerja di Divisi Human Resources Kantor Pusat AirNav Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar