10 Hal yang Perlu diperhatikan untuk Mendapatkan Karir yang Gemilang

10 Hal yang harus diperhatikan dalam menunjang karir, kerja, ibadah, karir, agus, airnav indonesia, agus subkhi hermawan
10 Hal yang perlu diperhatikan dalam menunjang karir
(Gambar diambil dari Al-Islam)
Dalam sebuah website lama www.organisasi.com memaparkan bahwa kita perlu memperhatikan 10 hal dalam bekerja, antara lain sebagai berikut :

1. Disiplin Tinggi
Mulai dari seragam pakaian, ketaatan waktu mulai kerja dan pulang kerja, waktu istirahat, tepat waktu dalam menjalankan tugas atau perintah, tidak membuat kericuhan, serta mentaati segala aturan yang berlaku merupakan contoh dari menjunjung kedisiplinan dalam bekerja. Disiplin itu pada dasarnya memiliki standar sendiri, biasanya standar disiplin perusahaan sudah tertuang dalam SOP. Karena itu, baiknya kita memahami SOP yang ada pada perusahaan.

2. Mampu Mengendalikan Diri
Jadikan emosi kita sebagai pemacu kinerja daripada hanya merusak hubungan kita dengan orang lain. Emosi bisa bermacam-macam, mulai dari perasaan marah, benci, dendam, sedih, takut, dan sebagainya. Bertindaklah yang wajar walaupun emosi kita sedang kacau karena berbagai faktor. Sabar, mampu menganalisa situasi yang baik dari pengendalian diri di kantor. Karyawan yang bisa mengendalikan emosinya dengan baik biasanya akan lebih mudah menapaki jenjang karier bila dibandingkan karyawan yang mudah marah. Hal ini karena atasan senang dengan orang yang bisa diajak kerjasama. Bila belum apa-apa sudah menampilkan sosok yang tidak mudah mengendalikan diri, besar kemungkinan atasan melihat kita tidak pantas untuk dipromosikan.

3. Mampu Bekerjasama dalam Tim
Kemampuan membagi tugas dengan rekan kerja, berkoordinasi dengan bawahan dan atasan, saling mengisi kekurangan, saling bahu-membahu, tidak saling menjatuhkan, bersaing secara sehat, memiliki komunikasi yang aktif dan sehat merupakan berberapa hal yang dapat membuat kerja tim menjadi baik. Memang bekerjasama dalam sebuah tim tidak mudah, kuncinya buanglah ego pada diri dan biarkan diri berkolaborasi dengan mereka. Cara ini akan memudahkan kita untuk mendapatkan gol yang lebih tinggi lagi. Tidak hanya sekedar bekerja, bila tim kita baik, prestasi kita bisa dijadikan modal yang kuat untuk bisa bertahan di perusahaan tempat bekerja atau mungkin bisa kita jadikan sebagai portofolio untuk menyeberang ke perusahaan lain.

4. Tahan Banting dan Sehat
 Kemampuan untuk bekerja di bawah tekanan, dikejar-kejar target atau dead line, mampu bekerja di luar jam kerja, dimarahi atsan, tegar menghadapi berbagai persoalan pelik, tidak mudah jatuh sakit, dan tidak mudah stres akan sangat menunjang kesempurnaan hasil kerja kita.

5. Memiliki Kemampuan Berpikir yang Baik
Mampu bekerja tanpa harus selalu diajari orang lain, mampu mengidentifikasi input, melaksanakan proses dan menghasilkan output yang diharapkan perusahaan dalam bekerja, mampu mengatasi konflik, bersifat dewasa, mampu fokus atau konsentrasi penuh pada penyelesaian pekerjaan yang diberikan, wawasan dan jaringan luas, mempunyai daya ingat, dan runtut dalam berpikir akan menunjang keberhasilan kita di perusahaan tempat kita bekerja.

6. Kreatif dan Inovatif
Ciptakan hal-hal yang baru dan segar yang dapat menunjang aktivitas kerja kita, serta mampu membuat pencapaian target dalam waktu singkat atau waktu kerja menjadi lebih singkat terselesaikan. Mampu memberikan masukan-masukan bermanfaat akan membuat perusahaan dan atasan memperhitungkan posisi kita.

7. Mampu Mencapai Target
 Sedari awal, buatlah perencanaan yang baik dalam pencapaian target yang diberikan. Buatlah Time line dari tahap-tahap pekerjaan yang harus dilewati agar natinya tidak terburu-buru pada akhi tenggat waktu, atau sanatai pada awal waktu. Ditengah jalan pun kita harus mampu menubah rencana, metode, dan langkah kerja bila diperlukan. Apabila target yang diberikan mustahil digapai, walaupun segenap tenaga, waktu, dan pikiran Anda Curahkan, bicarakan baik-baik pada atasan agar meninkau kembali target yang diberikan beserta alasan-alasan logis yang daat diterima pimpinan.

8. Menghormati dan Menghargai Orang Lain
Hargailah orang-orang yang ada di sekitar karena mereka mungkin saja akan dapat membantu pekerjaan kita, baik secara langsung maupun tidak langsung. Office boy, Cleaning service, satpam, orang kantin, petugas parkir, pegawai kantor lain, penduduk sekitar dan lain-lain, mereka merupakan pihak yang perlu kita hargai dan hormati serta kita anggap sebagai teman sendiri. ketika kita mendapatkan kesulitan, mereka akan membantu kita dengan senang hati tanpa diminta. :) 

9. Itikad Baik
Bekerjalah dengan senang hati untuk membangun dan mencapai tujuan perusahaan. Jangan terlalu banyak menuntut hak jika kewajiban kita banyak yang kita lalaikan. Jangan mudah terprovokasi dan diiming-imingi materi untuk membocorkan rahasia perusahaan. Bekerja dengan baik dan setia apabila perusahaan telah memberikan apa-apa yang dibutuhkan. Terlalu rakus, materialistis, menghalalkan segala cara, dan hidup berlebihan akan dapat menghancurkan karier kita. Bersyukur atas apa yang telah kita peroleh akan membuat kira semakin bahagia lahir dan batin.

10. Mampu Belajar, Mengamati, dan Mengevaluasi
Selain belajar, kita sebagikaya terus belajar dari pengalaman diri sendiri, pengalaman orang lain, dan berbagai referensi yang mampu menginkatkan kinerja. Kita harus mampu melihat dan membaca situasi dari awal hingga akhir agar dapat membandingkan serta melakukan evaluasi untuk memperbaiki yang kurang baik dan mengembangkan yang sudah baik.

@im_subhan | Agus Subkhi Hermawan
Share on Google Plus

About Agus S. Hermawan

Agus S. Hermawan menempuh pendidikan Sistem Komputer di Universitas Diponegoro. Saat ini beliau bekerja di Divisi Human Resources Kantor Pusat AirNav Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar