![]() |
Karyawan adalah Customer (Sumber : Google Image) |
Berbicara mengenai customer,
tentunya tidak lepas dari bagaimana cara memahami dan memuaskan customer.
Ukuran customer satisfaction (memuaskan)
masih lazim digunakan untuk mengukur keberhasilan pelayanan. Namun, dengan
perkembangan zaman, ternyata puas saja tidak cukup.
“Delight” (memuaskan) customer
saat ini sudah menjadi trend dari tuntutan sebuah pelayanan. Konsep ini sudah
banyak digunakan oleh beberapa perusahaan bidang pelayanan berkelas
international. Konsep ini membawa delight
satu level di atas satisfaction.
Dengan kata lain, memsuakan saja tidak cukup. Kita harus menggali semua
kebutuhan customer, sehingga mereka mendapatkan nilai tambah dari apa yang
telah kita lakukan.
Beberapa ahli menyatakan bahwa delight customer berkorelasi dengan “focus customer” , sedangkan customer
satisfaction berkorelasi dengan “customer
oriented”. Customer oriented
adalah pelayanan yang berorientasi kepada pelanggan, sedangkan customer fokus bukan hanya melayani
sesuai keinginan customer, tetapi fokus apa saja yang dibutuhkan customer.
Sebagaimana contoh dibawah ini yang membedakan antara delight customer vs satisfaction customer.
Fuad adalah
seorang GA junior manager. Dalam hal prosedur peminjaman kendaraan timnya tidak
pernah mendapat komplain. Karyawan merasa puas karena setiap proses peminjaman
kendaraan dilakukan dengan sangat cepat dan kondisi kendaraan selalu bersih
juga harum. Timnya selalu memberikan informasi jadwal kendaraan secara update.
Sopir yang melayani sangat ramah dan memahami jalan dengan baik. Fuad memahami
bahwa tingkat kemacetan Makassar terkadang membuat penumpang bosan dan jenuh.
Oleh kerena itu, mulai bulan ini Fuad menyediakan beberapa majalah dan permen
di setiap kendaraan sebagai salah satu program delight customer.
Apa yang dilakukan oleh
Fuad di atas menunjukan bahwa dirinya fokus pada kebutuhan customer. Hasil yang dia lakukan sebelumnya sudah cukup memuaskann
customer, no complaint dan on time delivery. Namun, Fuad merasa
tidak cukup hanya dengan hasil kepuasan customer
saja. Dia melakukan hal kecil yang melebihi harapan customernya. Dia fokus dan
memahami situasi kemacetan Makassar, lalu memberikan solusi agar penumpang
tidak bosan dan jenuh dengan menyediakan majalah dan permen.
0 komentar:
Posting Komentar